Pengertian Internet Secara Umum


Pengertian Internet
Di dalam kata internet terkandung sebuah kata “net” yang berarti sambungan. Oleh sebab itu, internet dapat diartikan sebagai suatu sambungan/hubungan antar personal komputer (PC) baik di rumah-rumah, perusahaan, maupun lembaga pemerintahan. Dalam era serba canggih ini kita diperkenalkan dengan sebuah MEDIA INFORMASI tanpa batas yang sering disebut dengan CYBERSPACE. Seperti halnya dalam kehidupan didunia yang nyata yang banyak hitam putihnya, di dunia mayapun ada sis positifnya dan sisi negatifnya. Internet bisa memeberikan informasi yang sifatnya mendidik, positif dan bermanfaat bagi kepentingan seluruh manusia, jika digunakan dengan baik dan sebagaimana mestinya. Namun, internet juga bisa dipakai untuk kejahatan dan kejelekan jika digunakan dengan sembarangan. Semua itu tergantung pada niat si pengguna internet itu sendiri. Setiap komputer dan jaringan terhubung secara langsung maupun tidak langsung ke beberapa jalur utama yang disebut internet backbone dan dibedakan antara satu dengan yang lainya memakai Unique Name yang bisa disebut alamat IP 32 bit. Komputer dan jaringan berbgaia platform yang beda dan dengan ciri khas masing-masing seperti (Unix, Linux, Windows, Max dan lain-lain) bertukar informasi dengan sebuah protocol standar yang disebut TC/IP (transmission control protocol/internet protocol). TCP/IP tersusun atas 4 layar (network acces, internet, host-to-host transport, dan application) yang masing-masing memiliki protokolnya sendiri-sendiri.
Bila kita mempunyai komputer minimal prosesor 486, window 95, modem dan line telepon, maka kita sudah bisa bergabung dan mengakses berjuta informasi melalui internet. Internet (Interconnected Network) adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer diseluruh dunia menjadi sebuah jaringan komputer yang sangat besar. Karena merupakan sebuah jaringan, maka sebuah komputer yang terhubung ke internet berarti terhubung dengan semua komputer diseluruh dunia yang juga terhubung ke internet. Semua komputer yang terhubung ke internet dapat mengakses semua informasi yang terdapat di dalamnya secara gratis.
Internet merupakan dunia tanpa penguasa, artinya semua orang mempunyai hak yang sama di internet, internet merupakan dunia yang bebas dimasuki tanpa terikat aturan Negara tertentu. Internet dapat digunakan sebagai sarana pertukaraan informasi dari suatu komputer ke komputer lain tanpa dibatasi jarak fisik kedua komputer, dua komputer y-ang sama-sama terhubung internet dapat saling berkomunikasi satu sama lain atau mempertukarkan data dan informasi. Akses dan pertukaran informasi tersebut dalam waktu relative cepat.

Sejarah Internet
Pada tahun 1960-an departemen pertahanan Amerika Serikat khawatir akan kemungkinan perang nuklir. Hal ini membuat dimulainya penelitian untuk menghubungkan komputer-komputer yang dimiliki departemen pertahanan dalam satu instalasi. Komputer tersebut diharapkan dapat saling berkomunikasi dan tetap bertahan jika perang benar-benar terjadi. Pada bulan oktober 1962 dimulai program riset komputer di ARPA (Advanced Research Projects Agency) dengan Joseph Licklider sebagai ketua program pertama.
Pada tahun 1965 dengan banduan dan ARPA, Larry Robert dan Thomas Marill mencoba membuat koneksi Wide Area Network yang pertama. Mereka menghubungkan komputer TX-2 di MIT dengan komputer Q-32 di Santa Monica melalui jaringan telephone. Dari percobaan tersebut disimpulkan bahwa jaringan telephone dapt melewati data namun masih saja ada kendala yakni mahalnya biaya telephone. Kleinrock memprediksi model pengiriman paket data merupakan komunikasi antar dua komputer yang paing memungkinkan.
Pada tahun 1966 Bob Taylor dari ARPA menerima bantuan dana dari beberapa universitas di AS untuk melakukan percobaan membuat jaringan yang menghubungkan komputer-komputer dari sejumlah universitas yang menandai percobaan ini. Tiga tahun kemudian jaringan tersebut berhasil dibuat yang disebut sebagai ARPANET.
ARPANET pertama kali online di tahun 1969 yang menghubungkan komputer-komputer di berbagai universitas ddi bagian barat daya Amerika Serikat, antara lain Universitas Of California Los Angeles (UCLA), Stanford Research Institute, University Of California Santa Barbara, dan University Of Utah.
Pada bulan juni 1970 beberapa universitas dan lembaga lain MIT, Harvard, BBN, SDC di Santa Monica ikut bergabung. Selanjutnya di tahun 1971 giliran Stanford, lincold labs milik MIT, Carnegie-mellon, NASA/Ames, Miter, Burroughs, RAND, dan universitas IIinois juga ikut bergabung.
Pada tahun 1971 juga The Networking Group menyelesaikan protocol Telnet, sehingga dapat mengakses komputer dari jarak jauh, selain itu juga meraih kemajuan dengan penyelesaian FTP untuk mendownload file.
Pada tahun 1972 Ray Tomlinson dari BBN menulis program yang dapat mengirimkan srat elekstronik melalui ARPANET. Tomilison menggunakan symbol @ untuk menghubungkan nama pengguna (user name) dan e-mail address. Pada tahun 1980 simbol tersebut dipakai sebagai standar penulis e-mail.
Permasalahan timbul krena begitu banyaknya komputer yang berbeda dan harus dihubungkan, karena itu dibentuklah TCP/IP oleh Vinton cerf dari Stanford dan bob kahn dari DARPA, protocol tersebut memeungkinkan dua komputer yang berbeda tersebut  saling terkomunikasi dan berkomunikasi satu sama lain.
Pada tahun 1986 lahirlah NSFNET (National Center Of Supercomputing Application) yang menghubungkan semua lembaga riset. Saling berhubungan antara riset yang satu dengan yang lainya memebentuk sebuah jaringan yang sangat luas dengan memanfaatkan fasilitas jaringan kompuer.
Jaringan-jaringan tersebut akhirnya dengan sistem informasi yang dapat diakses oleh semua orang diseluruh dunia hubungan-hubungan antara jaringan tersebutlah yang kemudian melahirkan internet. Dengan memanfaatkan jaringan kita bebas mengakses informasi diseluruh dunia. Hanya dengan duduk di depan komputer sambil klik tombol mouse pada layar komputer. Karena kemudahan dan fasilitas yang sangat menarik, pemakai internet sat ini semakin menigkat pesat. Pada saat ini diperkirakaan sudah lebih dari 20 juta PC terhubung melalui internet.
Pada tahun 1990 ARPANET resmi ditutup, pada tahun 1993 dikembangkan apikasi browsing yang disebut Mosic oleh Marc Andresson bersam timnya di National Center For Super computing Applications (NCSA), Marc Andresson kemudian keluar dai NCSA dan menjadi otak dibelakang Nescape Corp yang menjadi browsing paling sukses, sampai akhirnya Microsoft mengeluarkan microsoft internet explorer.
Saat ini 16,56% penduduk seluruh dunia telah terhubung dengan internet, tidak ketinggalan dengan Negara Indonesia. Internet mulai berkembang diindonseia sejak tahun 1995 dengan pengguna sebanyak 10.000 orang menigkat 10 kali lipat ditahun 1997, dan tahun 2000 sudah digunakan oleh 2.000.000 orang. Samapi dengan tahun 2005 pengguna internet diindonesia merupakan mencapai 18.000.000 orang. Sehingga Indonesia merupakan Negara pengguna internet terbesar ke 15 dariseluruh dunia. Sementara dengan Negara asia Indonesia adalah Negara terbesar kelima pengguna internet setelah China, Jepang, India, Dan Korea Selatan.

Manfaat Internet
Banya hal dapat dilakukan dengan internet, diantaranya dengan adanya fasilitas www (world-wide-web). Fasilitas www dapat dibayangkan sebagai suatu perpustakaan yang sangat luas, di dalamnya berisi; majalah, Koran, buku ilmiah, etalase, film, kaset, photo, dan lain-lain.
1.      E-mail, memungkinkan kita mengirimkan dan menerima surat secara elektronis, dimana waktu yang diperlukan untuk melakukan penerimaanhanya dalam satuan detik dan menit. Selain itu, juga dapat menerima surat-surat yang ditunjukan, tanpa harus berada pada lokasi tertentu untuk membacanya sehingga hanya memerlukan sebuah komputer dengan kemampuan akses internet.
2.      Untuk mengambil ataupun mengirimkan file, kita dapat menggunakan fasilitas file transfer protocol (FTP)
3.      Usenet, adalah sistem kelompok diskusi dimana artikel-artikel didistribusikan keseluruh dunia. Usenet mempunyai ribuan kelompok diskusi sehingga tidak mengherankan bahwa usenet dapat meliputi segala macam topic diskusi yang kita inginkan.
4.      Search engine, adalah suatu fasilitas yang terdapat didalam internet dan dapat digunakan utuk mencari suatu data yang diinput oleh pemakai internet sehingga dapat menemukan webseite yang diperlukan dengan cepat. Ini mengingat world wide web (www) telah menyebar ke seluruh dunia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komponen Sistem Informasi

LIKA-LIKU PENGALAMAN PRIBADI MEMPUNYAI RAMBUT GONDRONG

Hashirama Senju, Shinobi Terkuat di Naruto Shippuden