MENGETAHUI KEBISAAN BUDAYA PARA MAHASISWA



SMA sangat berbeda dengan dunia mahasiswa. Perbedaan bukan hanya karena mahasiswa tidak memakai seragam dan bebas memakai sepatu mereh, putih, kuning, hijau dan sebagainya, melainkan terletak pada pola pikir dan gaya berfikir.
Ketika menjabat titel baru sebagai mahasiswa, tentu kita harus mengetahui beberapa budaya mahasiswa. Kenapa? karena sama halnya anda jika anda baru pindah ke suatu daerah, tentu harus mengetahui beberapa adat istiadat dilingkungan yang baru agar terjadi hubungan yang harmonis. Kita bukan lagi anak SMA yang belajar karena diperintah oleh guru atau orang tua, mengerjakan tugas dan membaca buku untuk mengumpulkan nilai, atau karena takut mendapatkan rapor merah. Akan tetapi, kita melakukan ini semua karena kesadaran bahwa kita adalah MAHASISWA.
Selama kuliah, perubahan pola pikir dimulai dari semangat seseorang untuk menuntut ilmu. Ada perbedaan yang sangat mendasar dan sangat jelas antara orang-orang yang menjalani budaya ini dan mahasiswa yang tidak tahu atau bahkan cuek untuk melakukan hal positif ini. Secara umum, dalam dunia aktivitas biasanya ada kebiasaan budaya mahasiswa yang dilakukan diantaranya:
Membaca

https://tulisansedrof.blogspot.co.id/
Sebagai mahasiswa, kita harus memiliki jiwa kritis yang selalu mempertanyakan motif dari sebuah pekerjaan agar kita mempuyai landasan berfikir dan bertindak yang jelas. Hal ini yang kita sebut dengan motivasi belajar inilah yang menjadi bagian dalam kehidupan kita sehari-hari. Sering kali seseorang kehilangan motif dalam melakukan dalam belajar, terutama membaca. Proses membaca adalah agar pikiran kita dapat terbuka dalam memandang hidup, lebih optimis dalam berusaha, dan menyukuri apa yang ada.
Oleh karena itu mari kita mulailah dengan membudayakan membaca. Jadikanlah budaya membaca sebagai sebuah kebutuhan. Dengan membaca, seseorang menyadari bahwa masih banyak orang yang mengalami kesulitan jika dibandingkan dengan kita alami. membaca dapat mengubah cara kita memandang dunia dengan lebih bijak".
Menulis
Orang yang hobi membaca dan kaya akan pengalamanya sendiri, sangat rugi jika tidak menuangkan hobi membacanya dan pengalamanya kedalam sebuah bentuk tulisan. sebagai mahasiswa kita dituntut untuk terus mengungkapkan gagasan, dan ide-ide. sangat disayangkan jika kita diberikan pemikiran otak yang luar biasa tetapi hanya disimpan dipendam tetapi tidak dituangkan kedalam sebuah karya.

https://tulisansedrof.blogspot.co.id/
Selain itu menulis juga sangat berguna dan menyehatkan bagi otak kita untuk terus aktif, selain berlatih untuk mempuyai keterampilan menulis, bagi seorang mahasiswa yang ngekos, menulis adalah suatu kegiatan yang sangat efektif sekali untuk mengisi waktu kekosongan.
Berbicara tentang menulis sebenarnya tidak terlepas dari kehobian membaca. Karena dengan membaca kita akan mendapatkan suatu ide-ide atau bahan-bahan untuk dijadikan sebuah karya tulis, cerpen, puisi, artikel esai dan lain-lain. oleh karena itu membaca dan menulis adalah kebiasaan yang harus kita miliki sebagai seorang mahasiswa.
Berdiskusi

https://tulisansedrof.blogspot.co.id/
Berdiskusi merupakan sarana untuk berbagi ilmu, berbagi informasi yang sangat penting untuk mahasiswa. Dengan terbiasa berdiskusi maka kita akan mempuyai kemampuan untuk berbicara dan berfikir yang baik. Hal yang sangat  diperlukan untuk berdiskusi sebaiknya mempunyai persiapan sebuah topik untuk berdiskusi contohnya informasi tentang ekonomi, sosial, politik, pendidikan, ilmu tehnologi atau pun informasi yang kamu suka untuk jadikan sebuah topik berdiskusi.

Ketika mejabat titel sebagai seorang mahasiswa, tentunya kita seharus mempunyai pola pemikiran yang berbeda untuk menjadi seorang yang mandiri unik kreatif daln lain sebagainya.

Terimakasih 😄 kamu sudah singgah untuk membaca artikel ini semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu 😊 dan jangan lupa update terus yahh artikel saya selanjutnya terimakasih 🙏

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komponen Sistem Informasi

LIKA-LIKU PENGALAMAN PRIBADI MEMPUNYAI RAMBUT GONDRONG

Hashirama Senju, Shinobi Terkuat di Naruto Shippuden