SERING TAKUT? KARENA SERING DIMARHIN ATASAN ATAU DILEDEK OLEH TEMANMU COBALAH LAKUKAN TIPS INI UNTUK MENGATASI RASA TAKUT

Pernahkah anda merasa takut ketika bertemu atau melihat sesuatu? ketakutan tampaknya sudah menjadi bagian besar dari kita, misalnya takut gagal, ditolak, diledek, atau ketakutan-ketakutan yang lain. Bentuk-bentuk ketakutan ini pada akhirnya menyebabkan munculnya penyakit mental, seperti kekhawatiran, kecemasan stres,  kesedihan dan sebagainya. Perasaan-perasaan takut seperti itu adalah hal yang sewajarnya terjadi pada setiap manusia. Sebab seberani dan seberkuasanya anda, pasti pernah mengalami rasa takut.
Namun takut yang muncul  secara alamiah bisa dikatakan takut yang didasari oleh insting anda sebagai mahluk hidup, misalnya ketika anda menyeberang jalan anda akan menoleh ke kanan dan ke kiri untuk memastikan agar tidak tertabrak.
Berikutnya tipe takut yang kedua adalah takut yang berdasarkan fiksi atau bukan kenyataan. Tipe takut yang ini menyebabkan kekhawatiran, kecemasan, dan stres, padahal semuanyahanyalah anggapan yang tidak didukung fakta-fakta nyata. Misalnya orang yang takut berbicara didepan umum, karena beranggapan bahwa orang-orang akan mencemoohkanya padahal belum tentu hal itu terjadi.
Lalu takut yang bersifat mental biasanya muncul karena kita mempunyai standar, aturan, atau keyakinan yang harus untuk dipenuhi. Jika kita memenuhi standar tersebut, maka kita akan merasa gagal. Ironisnya, ketakutan yang hanya berupa anggapan ini dapat menjadi sebuah kenyataan ketika anda memikirkanya secara terus menerus maka cepat tau lambat semua yang ditakutkanya akan menjadi suatu kenyataan.
Dalam sebuah situs psikolog online, lebih jauh dijelaskan bahwa yang menyebabkan emosi takut adalah takut terhadap sesuatu yang berpotensi membahayakan diri anda. Sebagai contoh, anda takut dalam gelap karena dalam kegelapan banyak bahaya yang tidak bisa anda ketahui, bahkan anda taut terhadap sesuatu yang berada diluar logikan, seperti takut pada hantu, atau juga ketakutan bisa datang karena khawatar anda disakiti oleh seseorang.
Saat dilanda perasaan takut, anda akan merasa gemetar, gugup, susunan kata-kata menjadi kacau, sering salah ngomong, tidak berani melihat objek yang membuat  takut, terduduk gemetar dan diam, tidak berani saling menatap mata, dan merinding.
Mengenai ekspresi rasa takut, Darwis Hude mengatakan bahwa akan terjadi perubahan tingkah laku. Biasanya takut akan dieksperiskan dalam wujud raut muka yang pucat pasi, berteriak histeris, loncat dan berlari, merunduk, menutup telinga, menghindar, dan lain sebagainya. Sebenarnya, semua rasa takut yang ada dihadapkan anda bisa diatasi. Kunci hanya satu, ada kemauan. Jika kemauan untuk melawan rasa takut itu sudah besar, maka segala ketakutan yang ada dihadapan anda pasti dapat diatasi.
Rasa takut dapat muncul dikarenakan sebagai faktor. Berikut beberapa faktor yang menyebabkan rasa takut, sekaligus cara menghadapinya:


Takut Kehilangan Cinta
tulisansedrof.blogspot.co.id
Ketika pasangan sudah mulai merasa cemburu dalam suatu hubungan kekasaih atau ketika masing-masing pasangan mulai mencari kesalahan ada yang merasa sakit hati, maka hal tersebut bisa menyebabkan pasangan anda beralih ke orang lain. Maka cara terbaik untuk menghilangkan rasa takut kehilangan kekasih adalah dengan mencegah masuknya pikiran yang tidak logis ke dalam wilayah logis anda dan anda harus mencoba untuk selalu berfikir positif.
Takut Dikritik
tulisansedrof.blogspot.co.id
Sebenarnya kritik merupakan salah satu upaya dasar manusia agar bisa melangkah lebih maju. Tetapi, pada kenyataanya justru banyak orang yang takut terhadap kritikan itu sendiri. Ketakutan akan kritik merupakan salah satu dasar rasa takut dan yang paling sering dialami oleh setiap orang. Cara yang terbaik untuk mengatasi ketakutan terhadap adanya sebuah kritik adalah dengan belajar untuk mengambil kritik secara positif dan menggunakanya untuk menigkatkan kepribadian anda.
Takut Gagal
tulisansedrof.blogspot.co.id
Seluruh manusia telah diprogram untuk memandang sebuah kegagalan sebagai sesuatu yang buruk. Kecenderungan manusia, hanya melihat dari sisi kesuksesan orang yang berhasil, tampil tanpa memperdulikan sisi lainya. mereka berharap bahwa orang yang berhasil suskes tidak pernah mengalami kegagalan. Oleh karena itu, taklukan rasa takut melalui tindakan. Anda tidak akan pernah tahu tentang suatu hal jika anda tidak mencoba untuk melakukanya.
Takut Berbicara Di Depan Umum

tulisansedrof.blogspot.co.id
penyebabnya bisa dikarenakan tidak terbiasa berbicara didepan umum atau tidak siap tampil. Hal ini tidak hanya dialami oleh anda yang baru pertama kali menjadi pembicara. Bahkan, orang yang sudah sering tampil sebagai publik speaker pun masih sering mengalaminya, hal itu bisa saja terjadi karena orang tersebut belum mempersiapkan diri dengan materi yang akan disampaikan ketika berbicara di depan umum.
Untuk membangun kepercayaan diri ini, yang dapat dilakukan yaitu dengan mengembangkan sikap yang matang, percaya diri, dan menghilangkan rasa takut.

Maka apakah anda akan terus membiarkan rasa takut itu menguasai pikiran anda, jangan sampai rasa takut itu sampai menghambat keinginan anda untuk berbuat sesuatu.
terimakasih 🙏 anda telah membaca artikel ini semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda 😊 dan jangan lupa tolong share ya artikel ini. sekian terimakasih 🙏






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komponen Sistem Informasi

LIKA-LIKU PENGALAMAN PRIBADI MEMPUNYAI RAMBUT GONDRONG

Hashirama Senju, Shinobi Terkuat di Naruto Shippuden